Translate

Thursday, January 30, 2014

MENANAM ANGGUR

Buah Anggur memiliki nama Latin Vitis vinifera atau Vitis labrusca, buah ini termasuk  tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Tanaman Anggur ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah.Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Karena Manfaatnya yang banyak sekali Sehingga Orang semakin gencar untuk membudidayakan tanaman yang satu ini,dan pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi mengenai Manfaat Buah Anggur ini buat teman-teman pembaca blog Manfaat Tumbuhan.
Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

1. Menghilangkan Migran
Jus anggur dikenal sebagai obat rumahan yang mampu membantu menyembuhkan migran. Jika Anda termasuk dalam penderita migran kronis, maka Anda patut mencoba obat alami ini. Caranya dengan membuat jus anggur murni tanpa air dan diminum setiap pagi hari.
Menyembuhkan Sembelit
Kandungan gizi dari buah anggur sangatlah penting untuk menyembuhkan sembelit. Karena anggur mengandung asam organik, selulosa dan gula yang membantu Anda mengatasi masalah sembelit.
2. Memperlambat Penuaan
Benih dan kulit anggur mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat kuat untuk menunda penuaan. Anda pun dapat memasukkan buah ini ke dalam sarapan pagi Anda secara teratur.
3. Jantung sehat
Anda tak perlu khawatir lagi akan kesehatan Jantung. Karena saat ini Anda dapat menjaga jantung Anda dengan meminum satu gelas jus anggur atau memakannya dalam keadaan mentah. Cara ini sangat efektif untuk menyehatkan jantung Anda.
4. Mengatur Gula Darah
Anggur memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga anggur diklaim sangat bermanfaat bagi orang yang menderita gula darah yang tidak seimbang. Fitonutrien yang hadir dalam buah berbentuk mungil ini sangat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.
5. Mencegah kanker
Anggur juga kaya akan sumber antioksidan dan anti inflamasi nutris, yang membantu menghambat peradangan kronis yang menjadi awal pertumbuhan sel kanker. Fitonutrien resveratrol, anthocyanin dan proanthocyanidins yang sangat kuat hadir dalam buah anggur dan memiliki sifat anti peradangan yang menyingkirkan pertumbuhan kanker.

Selain buahnya yang enak menggoda ternyata Buah anggut memiliki segudang manfaat untuk kesehatan bukan, Nah Baca Juga artikel Kami sebelumnya yang telah kami Publikasikan di blog Manfaat Buah ini, yakni Manfaat Buah Semangka, Semoga Bermanfaat.
Berikut adalah zat-zat yang terkandung dalam buah anggur beserta khasitnya: 

1.Zat tanin yang bekerja dalam sistem pencernaan dan sirkulasi darah yang berfungsi untuk  menyerang virus.

2.zat flavonoid yang berkhasiat untuk sebagai antioksidan dan mencegah atherosclerosis.
3.Zat besi yang berkhasiat membantu pembentukan seldarah merah(haemoglobin).

  Selain itu buah anggur juga berkhasiat untuk:

1.Mencegah konstipasi.

2.Membersihkan hati.
3.Membantu fungsi ginjal.
4.Membantu pembentukan darah.
5.Menonaktifkan virus.
6.Menurunkan kolesterol.

  Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

100gram buah anggur segar dicuci bersih dan dibuang bijinya. Setelah itu diblender sampai halus bersama 500cc air matang. Jus ini diminum secara rutin satu gelas sehari setelah makan.

Demikian Manfaat Dan Khasiat Buah Anggur Bagi Kesehatan. Baca juga artikel tentang Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan.
Salah satu ide berkebun yang menarik untuk dilakukan adalah budidaya tanaman anggur dalam pot. Sebelum melakukan penanaman anggur dalam pot, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu, diantaranya:

1. Lokasi

Budidaya anggur tidak bisa dilakukan di sembarang tempat. Anggur hanya dapat hidup dengan baik di daerah bersuhu panas dan berkelembaban rendah. Itu berarti, tempat yang sempurna untuk budidaya anggur adalah daerah tepi pantai. Lokasinya pun harus dipilih. Sebaiknya, jangan meletakkan pot anggur di tempat yang terlalu luas atau terlalu terbuka. Angin yang terlalu kencang dan suhu udara yang tidak stabil dapat menghambat pertumbuhan anggur.


2. Pot

Jangan dikira anggur dapat tumbuh dengan baik di pot apapun. Pada kenyataannya, ukuran dan jenis pot dapat memberi pengaruh yang cukup signifikan pada pertumbuhan anggur. Pot yang paling baik adalah pot tanah liat karena pot ini memiliki pori-pori yang dapat menyerap air. Jika tidak ada pot tanah liat, bisa digunakan pot semen. Pot yang paling buruk adalah pot plastik karena plastik tidak memiliki pori-pori sama sekali.

3. Media Tanam

Media tanam yang paling cocok untuk tanaman anggur adalah pasir. Karena, pasir memiliki tekstur yang renggang sehingga akar tanaman anggur dapat tumbuh dan bergerak dengan lebih mudah. Agar lebih gembur, pasir dapat dicampur dengan pupuk kandang atau humus.

4. Benih

Benih anggur dapat didapat dengan berbagai macam, antara lain biji, setek, dan cangkok. Namun, benih yang paling mudah adalah setek. Setek yang baik harus memiliki akar yang panjang dan daunnya sudah mulai berkembang.
Supaya Tanaman Cepat Berbuah
Hal yang terpenting supaya mempercepat tumbuh buah yaitu pemangkasan pada ranting yang menyebabkan bunga keluar dan cabang tersier. Ketika cabang tersier sudah berwarna coklat atau sudah berumur tiga bulan, pemangkasan boleh dilakukan.

Pemangkasan hanya dilakukan pada cabang tersier dengan mata tunas menonjol. Pemangkasan ini dilakukan pada ruas keempat atau kelima dari pangkal cabang.

Pada pemangkasan pertama, malai bunga yang muncul biasanya masih berukuran kecil. Jumlah malai berangsur-angsur akan bertambah pada pemangkasan kedua, ketiga, dan seterusnya
Bunga yang muncul setelah pemangkasan lama-kelamaan akan mekar dan menghasilkan buah-buah kecil berwarna hijau. Buah ini akan terus berkembang dan mencapai pertumbuhan maksimal setelah 105-110 hari sejak pemangkasan.

Pada masa pertumbuhan buah, tanaman anggur di dalam pot perlu disiram setiap hari dan pemupukan dilakukan setiap bulan. Adapun pupuk yang diberikan berupa NPK sebanyak dua sendok makan.

No comments: