Translate

Sunday, August 4, 2013

BUDIDAYA JAGUNG MANIS


Jagung manis dapat ditanam didaerah dataran rendah dan dataran tinggi sampai ketinggian 900 meter dpl.. Suhu ideal untuk pertumbuhan Jagung Manis adalah 21 – 30 derajat Celcius. Tanah yang baik adalah tanah yang subur dan gembur dengan pH antara 5-6.
Jagung manis membutuhkan sinar matahari yang cukup banyak dan lahan tidak boleh tergenang air.
Pada musim kemarau baik ditanam di sawah tadah hujan yang ada air sedikit dan musim hujan ditanam di lahan kering atau tegalan. Kebutuhan benih jagung Manis per hektar adalah 7 kg.
Pengolahan Tanah
Bersihkan areal dari rumput liar dan jerami yang tdk berguna, cangkul lahan sedalam 30 – 40 cm, buat garitan dengan jarak antar garitan 80 – 90 cm. Taburkan pupuk organic misalnya Bokashi kotoran ayam, kotoran kambing, 5- 10 ton/ ha. Semprotkan Solbi Agro dengan dosis 2 tutup per tangki dan disemprotkan merata pada tanah.
Tanaman jagung membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhan dan memberikan hasil produksi yang baik. Air diperlukan saat penanaman, pembungaan (45–55 hari) dan pengisian biji (60–80 hari). Perlu diperhatikan drainase yang baik dan hindari tanaman tergenang air.
Pemupukan
Penanaman benih jagung manis dengan cara ditugal atau digarit, taburkan furadan diatas benih sebanyak 0,5 gram perlobang tanam, taburkan NPK dengan jarak 10 cm dari biji jagung sebanyak 2 gram per lubang:
7 – 15 hari setelah tanam dilakukan penyulaman, pemberian pupuk ZA 150 kg perhektar, SP – 36 300 kg/ ha, bila perlu semprot dengan Insektisida nabati. Semprotkan Solbi Agro dengan dosis 2 tutup pertangki, disemprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman.
25 – 30 hari setelah tanam dilakukan penyiangan sekaligus pengguludan, bila perlu di taburi lg Furadan 3G pada titik tumbuh sekitar 5 butir kicil per tanaman, semprot dengan Solbi Agro dengan dosis 2 tutup pertangki, disemprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman.
40 -45 hari setelah tanam dilakukan pemupukan dengan KCL lakukan penyemprotan bila ada hama yang sudah melebihi ambang ekonomi. Semprot dengan Solbi Agro dengan dosis 2 tutup pertangki, disemprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman.
50 – 55 hari setelah tanam, mulai seleksi tongkol atau pohon jagung, penyemprotan bila perlu pada ketiak daun. Pada saat ini usahakan kebun jangan terganggu karena akan mempengaruhi proses persarian. Semprot dengan Solbi Agro dengan dosis 2 tutup pertangki, disemprotkan secara merata pada seluruh bagian tanaman.
Proses Panen
75 – 80 hari setelah tanam adalah waktu yang tepat melakukan pemetikan / panen. Ciri jagung dapat dipanen: Kelobot (bungkus janggel jagung) berwarna cokelat muda dan kering serta bijinya mengilat.
Pemetikan Jagung manis sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Udara panas cenderung dapat mengurangi kandungan gula pada biji jagung manis . Untuk mempertahankan kadar gula lebih lama, selepas panen dari kebun harus segera masuk ke ruang pendingin pada temperature 1 – 5 derajat Celcius, ini akan mempertahankan kemanisan hingga 10 hari, yang paling ideal yaitu dengan perlakuan khusus, setelah panen jagung langsung diangkut ke gudang atau ruang pendingin dan langsung dilaksanakan penyortiran dan pengemasan dengan plastic roping film. Plastik ini berfungsi sebagai penjaga kelembaban, mencegah kehilangan air, memperpanjang kesegaran jagung manis.

No comments: