Translate

Thursday, June 19, 2014

UANG DARI HASIL MENANAM TOMAT

Kalau kita bicara buah tomat  siapa saja dan dimana saja sudah pasti tahu bentuknya, tomat merupakan tanaman sayur mayur yang mengandung banyak sekali manfa'at,diantaranya :
  1. Melancarkan dan Menyehatkan Sistem Pencernaan. Salah satu kelebihan tomat yaitu merupakan sumber serat yang diperlukan oleh tubuh anda. Sehingga, bagi siapapun yang menginginkan sistem pencernaan tetap sehat dan lancar, mulailah dengan mengkonsumsi buah merah tersebut.
  2. Melindungi kulit wajah dan Kulit Tubuh. Ini dikarenakan, tomat merupakan sumber likopen. Kandungan likopen dalam tomat berfungsi untuk mencegah kerusakanan jaringan kulit yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dari matahari.
  3. Memperkuat Tulang Pada Tubuh. Ini dikarenakan, buah tersebut merupakan sumber vitamin K yang mampu mencegah mengeroposnya tulang atau lebih dikenal dengan istilah osteoporosis.
  4. Pencegah Kanker Yang Lebih Efektif. Bagi anda yang ingin terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, mulut, tenggorokan, lambung, usus besar, dan kanker ovarium, mulailah rutin untuk mengkonsumsi buah tomat tersebut.Karena kandungan likopen dalam tomat sangat ampuh mencegah berbagai kanker tersebut.
  5. Pencegah Diabetes Secara Alami. Kandungan kromium dalam buah tomat mampu membantu menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Sehingga lebih stabil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh anda.
  6. Menajamkan Penglihatan Anda. Sumber vitamin A dalam tomat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta mampu menajamkan daya lihat organ mata seseorang terhadap berbagai benda di sekitarnya.
  7. Memperkuat dan Memperindah Mahkota Kepala Anda. Sumber vitamin A dalam tomat mampu menyehatkan rambut serta memperkuat rambut dari ujung hingga akarnya.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tomat merupakan keluarga dekat dari kentang.
Analisa Usaha Budidaya tomat
Untuk lebih mudahnya, mari kita lihat perhitungan budidaya tomat menggunakan media pot. Namun dengan catatan pot yang disediakan adalah pot dari barang bekas.
Misalkan anda ingin menanam 100 pot tanaman.
Dengan perhitungan sebagai beriut :
Benih 1 Kg            = Rp. 2000
Pupuk Dll              = Rp. 1.000.000,-
Modal total            = Rp. 1.000.200,-
Pendapatan
Berat total panen  100 tanaman @ 20 Kg      = 2.000 Kg
Pendapatan            2.000 Kg x 2.000                 = Rp. 4.000.000,-
Lumayan bukan?
Selain peluang usaha jenis penanaman tomat, anda juga bisa menjadi pengepul tomat dengan keuntungan Rp. 1.000/ Kg, dengan menjadi pengepul tentu anda harus mencari petani tomat di daerah anda. Jika tidak anda maka anda bisa mengajarkan budidaya tomat kepada tetangga anda ataumasyarakat di sekitar anda kemudian hasilnya bisa anda tamping dan anda jual dengan menaruh keuntungan sebesar Rp. 1.000,- kg.
Selain itu, jika anda bisa mengolah tomat maka anda bisa membuat peluang usaha baru yaitu olahan tomat dalam bentuk manisan tomat. Dengan kandungan vitamin c, serta khasiatnya yang sudah tidak diragukan lagi, olahan masaka tomat yang dijadikan sebagai maknan ringan bisa jadi sangat laris dipasaran.



Yang saya tampilkan merupakan itung-itungan kasar, bisa lebih dan bisa kurang sesuai dengan kebutuhan pasar.
Selamatmencoba

No comments: