Translate

Friday, March 21, 2014

MANFA'ATKAN LAHAN KOSONG

Lahan kosong atau halaman belakang rumah biasa diterlantarkan dan bahkan diubah fungsinya. Padahal sebagian besar rumah di perumahan itu terdapat alokasi taman yang berada di belakang rumahnya. Tetapi dengan berbagai macam alasan, taman di belakang tumah sering tidak dipergunakan dengan baik. Padahal dengan pemeliharaan taman belakang yang baik, maka taman belakang bisa menjadi tempat yang mendatangkan berbagai manfaat bagi pemilik rumah tersebut.
Dengan adanya lahan kosong untuk dijadikan taman belakang biasa dianggap mengganggu dan kurang diminati oleh kebanyakan orang, karena dengan alasan mudah cepat becek atau kotor yang akan membuat halaman belakang tidak dimanfaatkan, padahal dengan adanya lahan kosong tersebut, bisa dicor dan dijadikan kamar tambahan, dapur, atau tambahan ruangan lainnya, tetapi akibatnya sirkulasi udara dalam rumah tersebut akan menjadi kurang baik.
Atau karena kurangnya perhatian Anda, maka lahan kosong di belakang tersebut dibiarkan saja sehingga banyak tumbuh tanaman liar atau ilalang yang dapat merusak pemandangan karena lahan kosong tersebut terbengkalai.
Manfaat Taman Belakang
Hal ini sangat disayangkan sekali apabila dibiarkan begitu saja karena lahan belakang yang kosong ini dapat memberikan manfaat yang baik untuk sang penghuni rumah.
Membuat kebun
Anda juga bisa menanam beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti halnya menanam tanaman cabai, tomat, jeruk nipis ataupun tanaman lain yang menjadi kebutuhan sehari-hari mungkin dapat menjadi pilihan. Dengan pengaturan yang tepat maka taman belakangpun akan menghasilkan pemandangan yang indah ditambah Anda memiliki kebun sendiri.
Kolam ikan
Andad juga bisa memanfaatkan lahan belakang yang kososng tersebut dengan membuat kolam ikan. Kebanyakan orang lebih memilih kolam ikan menjadi salah satu alternative untuk memanfaatkan taman belakang rumahnya. Ditaambah dengan air terjun mini dapat menenangkan pikiran Anda karena suara gemericik yang dihasilkan.

Ide bisnis di rumah dengan lahan sempit

Budidaya ikan hias
Ikan hias masih cukup diminati oleh para pecinta hewan, khususnya para pemilik akuarium. Jenis ikan hias yang bisa Anda budidaya di lahan yang sempit adalah ikan dengan ukuran yang tidak terlalu besar dengan habitat air tawar. Dalam sebuah bisnis di rumah dengan budidaya ikan hias ini yang perlu Anda persiapkan adalah kolam tempat perkembangbiakan ikan-ikan hias tersebut. Lahan di rumah Anda  terlalu sempit untuk membuat kolam budidaya? Tenang, Anda bisa memanfaatkan akuarium untuk budidaya ikan hias ini.
Karena ukurannya yang relatif kecil, beberapa jenis ikan hias seperti mas koki, rainbow, discus, dan lain-lain membuatnya lebih mudah dikembangkan dalam media akuarium. Selain perawatan ikan hias yang lebih mudah, skala akuarium juga membuatnya lebih mudah untuk proses pembersihan dan penggantian air jika diperlukan.
Menanam sayuran
Menanam sayuran dengan menggunakan media hidroponik dalam pot bisa menjadi alternatif bisnis di rumah yang cukup menguntungkan. Misalnya dalam lahan yang terbatas Anda bisa menanam tanaman tomat, cabe, atau mungkin sawi dan kangkung yang sering digunakan sebagai bahan makanan. Beberapa jenis sayuran tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masak sehari-hari, sehingga secara tidak langsung juga ikut meringankan beban pengeluaran bahan pangan.
Anda juga bisa menyiasati lahan sempit dengan membuat rak-rak kayu dan menyusun pot-pot tanaman secara vertikal sehingga akan lebih banyak yang bisa Anda tanam. Jika sudah begitu bukan tidak mungkin Anda bisa menjual hasil kebun sayuran hidroponik tersebut kepada tetangga atau keluarga.
Memulai sebuah bisnis di rumah kadang-kadang memang tidak perlu dengan ide yang terlalu tinggi. Ide sederhana dalam membuat sebuah bisnis di rumah bisa menjadi usaha yang layak dijadikan sumber pendapatan jika dikelola dengan baik dan benar.


No comments: